Pages

Tuesday, March 17, 2020

Materi Kuliah Teknik Pengaturan

TEKNIK PENGATURAN


Postingan ini merupakan kumpulan dari materi-materi kuliah Teknik Pengaturan atau Teknik Kontrol. Matakuliah Teknik Pengaturan atau Sistem Kontrol merupakan materi yang memplajari dasar-dasar sistem kontrol, aplikasi sistem kontrol serta teknik-teknik yang digunakan dalam sistem kontrol. Adapun mahasiswa dapat mempelajari materi berikut:




1. Pertemuan 1-3 Konsep Umum Sistem Kontrol
2. Pertemuan 4 Tugas Pemahaman 
4. Pertemuan 6-7 Invers Transformasi Lapplace
5. Pertemuan 9 Pembahasan UTS
6. Pertemuan 10 Penjelasan Sistem Kendali/Kontrol
7. Pertemuan 11 Model Matematis Sistem Dinamis
8. Pertemuan 12 Pengenalan State Space dan State Space Model



Referensi:
1. http://aristriwiyatno.blog.undip.ac.id/files/2011/10/Bab-1-Konsep-Umum-Sistem-Kontrol.pdf
2. http://eprints.polsri.ac.id/1386/3/BAB%20II.pdf
3. https://dinus.ac.id/repository/docs/ajar/transformasi-laplace.pdf
4. https://www.slideshare.net/achmadsukmawijaya/modul-3-transformasi-laplace?from_action=save
5. Dr. Imam Adha Cahyadi, Teknik Elektro, UGM

59 comments:

  1. Resky riawan 1702113007
    Izin bertanya bapak mengenai bagan gambar 1.3 memiliki bagan lingkar an yang memiliki tanda - dan +,tanda + dan +, hal tersebut memiliki pengertian apa ya bapak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanda + dan - pada plant memiliki makna sebuah evaluasi/feedback. + artinya ada masukan yang ditambah, sedangkan - artinya, masukan akan dievaluasi karena adanya feedback (mungkin berupa gangguan)

      Delete
  2. Dwi susanto widodo. 1702113010
    Mau tanya pak untuk umpan balik apakah harus selalu sensor...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya sensor. karena umpan balik merupakan proses untuk mengendalikan sesuatu sesuai dengan set point nya

      Delete
  3. Darniti Wahyuni/1702113009
    1. Mengenai diagram control system secara umum. Pada materi di atas bagian plant terjadi proses. Sedangkan di mata kuliah Sistem Kendali semester IV kemarin salah satu contoh proses dilaksanakan oleh Mikrokontroller.
    Yang mau saya tanyakan apakah proses itu terjadi di controller? Dan apakah Mikrokontroller adalah salah satu contoh controller? Lantas plant itu alatnya? Melihat beberapa contoh di atas masih bingung ketika sudah masuk contoh, mana controller nya mana proses mana plant nya.
    2. Untuk variabel termanipulasi dan variabel terkontrol itu kalau di contoh yang mana ya pak? Contoh dari Sistem Autopilot Pesawat Terbang.

    Terimakasih pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Singkatnya, didalam plant ada proses, salah satu terjadinya proses terdapat microcontroller. Untuk lebih detailnya, akan saya jelaskan saat pertemuan di kelas.

      Delete
  4. Whilys Verdhy N. 1702113003
    Saya mau bertanya apakah negara kita dapat bersaing dengan negara diluar sana yang sudah memakai sistem otomatis dibanyak kehidupan?

    ReplyDelete
  5. endria diana fitri 1702113005
    mau tanya pak, pengukur suhu yang ada dibandara untuk mendeteksi suhu tubuh/demam itu apakah sistem kerjanya sama seperti AC ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengukur suhu di bandara menggunakan sensor infrared, atau disebut thermal infrared gun

      Delete
  6. Dicky Imam Latif 1702113011
    Pak saya mau tanya kemajuan teknologi saat ini pesat sekali, apakah dari penkembangan teknologi tersebut akan ada dampak negatif pada manusia. Dan apakah perlu membuay peraturan terkait perkembangan teknologi yang sangat pesat ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dampak negatif akan selalu ada.. semua ada positif dan negatif. Peraturan sangat perlu guna mengendalikan perkembangan teknologi yang merugikan banyak orang

      Delete
  7. Rizqi Zamzam Firmansyah // 1702113006
    Bapak, saya mau bertanya apakah dengan kemajuan teknologi yang dibantu dengan sistem kontrol untuk menggerakkan sebuah mesin/alat, kedudukan manusia akan tergeser oleh alat tersebut?? Dan apa damapak yang dirasakan oleh manusia?
    Terimakasih bapak wassalamualaikum Wr. Wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terkait dengan dampak, pasti ada dampak positif dan dampak negatif. Kedudukan manusia tidak akan tergeser dengan adanya alat tersebut. alat tersebut membantu kita untuk menyelesaikan berbagai problem dan mampu meningkatkan efisiensi kerja. Dengan adanya sistem kontrol, teknologi yang lebih canggih akan tercipta.

      Delete
  8. Naraco s 1702113002
    pak saya mau tanya apa ada sensor yg mendeteksi bakteri berterbangan di udara atau virus, dan saya kasihan pak sama yg takut sama virus corona

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejauh yang saya tahu, belum dikembangkan sensor untuk mendeteksi adanya bakteri/virus di udara

      Delete
  9. Divendo caesar b.s //1702113001
    Pak saya mau tanya,kerja system pengaturan itu seperti apa,pak?
    Terima kasih pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang dimaksud sistem pengaturan adalah sistem yang berkoordinasi dengan perangkat lain untuk mengatur sebuah plant. contohnya PLC

      Delete
  10. Ridho Nur Taufiqul Manan/1702113013
    Pak dalam suatua alat yang tersistem tersebut bagaimana ya Pak maintenance atau perawatan berkalanya ? Mungkin dari Kita selama ini hanya pemakai,dan suatu saat akan menemukan masalah ketika Ada kerusakan atau eror dalam alat tersebut, mungkin bisa di paparkan Pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada SOP maintenance apabila alat tersebut diaplikasikan pada industri. Perawatan dilakukan secara berkala dan tahunan sesuai dengan spesifikasi dan penggunaan perangkat

      Delete
  11. Rizal Farizi Husna . 1702113012
    Saya mau tanya pak, berapa lama kah umur ketahanan sensor tersebut digunakan sampai rusak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung dari sensornya dan penggunaannya. setiap sensor memiliki spesifikasi ketahanan masing-maisng

      Delete
  12. Handoko endro seputro // 16511003.
    trima kasih atas materinya bapak. mohon maaf untuk berkenan berdiskusi.
    saya tertarik dengan bagian umpan balik yang di pengaruhi oleh gangguan. bisa di paparkan mungkin. dengan metode atau analisis sepertia apa untuk mengetahui sebuah gangguan dan standart apa yang di gunakan. bila mana gangguan yang terjadi lebih sering di sebabkan oleh alam. yang notabennya selalu berubah ubah. terima kasih, tabik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih diskusinya. Gangguan disitu bersifat global, sebagai contoh AC rumah, suhu diatur sesuai dengan set point 25 derajat misalnya, lalu terdapat gangguan dari luar berupa udara panas sehingga suhu ruangan naik. Sensor akan membaca suhu ruangan dan AC akan menghidupkan aktuator berupa compressor untuk mendinginkan ruangan kembali.
      Secara detail akan saya jelaskan di kelas

      Delete
  13. Dicky Imam Latif 1702113011
    Terima kasih atas materi yang bapak berikan, mohon ma'af pak sebelumnya saya masih tidak bisa memahami penurunan rumusnya mungkin bapak bisa lebih menjelaskan lewat contoh soal yang menggunakan angka bukan turunan rumus soalnya saya bingung untuk memahaminya🙏

    ReplyDelete
  14. Rizal Farizi Husna / 1702113012
    . Terima kasih materi nya pak, Saya sudah mendownload, sedikit sedikit saya berusaha memahami dan mencari materi di youtube 🙏

    ReplyDelete
  15. Ridho nur taufiqul manan/1702113013 baik pak saya berusaha memahamimateri tersebut. terimaksih pak

    ReplyDelete
  16. Handoko endro seputro // 16511003.

    Hadir bapak, dari awal saya mengenal matematika atau ilmu lainnya saya bertanya kita belajar ini untuk apa bapak dalam kehidupan sehari hari. Terima kasih

    ReplyDelete
  17. Divendo caesar/1702113001
    Terima kasih pak saya sudah mendownload materinya,semoga saya bisa memahami materi ini

    ReplyDelete
  18. dwi susanto w / 1702113010
    saya sudah mendownload materi yg bpak berikan terimakasih atas materinya pak

    ReplyDelete
  19. Whilys verdhy nansyah/1702113003 terimakasih pak atas materi yg diberikan semoga dapat dipahami 😁🙏

    ReplyDelete
  20. Resky riawan 1702113007 terima kasih pak materinya. semoga saya bisa memahami, basic hitung hitungan ambyar saya,

    ReplyDelete
  21. Terimakasih pak atas materi yang diberikan. Saya sudah download materi bapak.

    ReplyDelete
  22. Rizqi Zamzam F // 1702113006
    Terimakasih pak atas materinya. Saya akan belajar lagi memahami materi hitung

    ReplyDelete
  23. endria diana fitri/ 1702113005
    terimakasih pak materi sudah saya download, untuk saat ini saya belum bisa memahami materinya pak

    ReplyDelete
  24. Naraco sahoya 1702113002 saya sudah mendownload pak

    ReplyDelete
  25. Dicky Imam Latif 1702113011 saya sudah download materi, saya akan memperajari materi invers TL dengan bantuan youtube

    ReplyDelete
  26. Rizqi Zamzam 1702113006 sampun downloas materi bapak.

    ReplyDelete
  27. Resky riawan 1702113007 sampun download materinya bapak

    ReplyDelete
  28. endria diana fitri // 1702113005 materi sudah saya download pak

    ReplyDelete
  29. Whilys verdhy n/1702113003,terimaksih pak materinya semoga materi kali ini mendapat berkah

    ReplyDelete
  30. Rizal Farizi Husna / 1702113012
    ,Terima kasih materi nya pak, saya sudah download

    ReplyDelete
  31. Divendo c.b.s/1702113001
    Terima kasih pak materi nya sudah saya download semoga bisa paham dengan materinya

    ReplyDelete
  32. Handoko endro seputro /16511003
    Hadir bapak. Terima kasih

    ReplyDelete
  33. Ridho Nur Taufiqul Manan /1702113013.siap Pak terimakasih

    ReplyDelete
  34. Darniti Wahyuni/1702113009
    Terimakasih pak materinya sudah saya download. Apabila ada kesulitan akan saya up di grup wa.

    ReplyDelete
  35. Dwi susanto w / 1702113010
    Terimakasih pak saya sdah download

    ReplyDelete
  36. Resky Riawan 1702113007
    Terimakasih pak saya dah download materi

    ReplyDelete
  37. Dicky Imam Latif 1702113011
    Terima kasih atas materi yang di berikan pak🙏

    ReplyDelete
  38. Ridho Nur Taufiqul Manan 1702113013 Terimakasih atas materi yang diberikan Pak.insya Allah Saya berusaha memahami.

    ReplyDelete
  39. Handoko.16511003
    Hadir bapak.terima kasih.

    ReplyDelete
  40. Whilys Verdhy N/1702113003
    Hadir pak ,terimakasih materinya 🙏

    ReplyDelete
  41. endria diana f. // 1702113005
    hadirrr dan sudah download materinya pak

    ReplyDelete
  42. Rizqi Zamzam 1702113006
    Hadir bapak dan sudah mendownload materi sistem kendali kontrol

    ReplyDelete
  43. Darniti Wahyuni // 1702113009
    sudah download materi

    ReplyDelete
  44. Dwi susanto w / 1702113010
    Sudah download pak

    ReplyDelete
  45. Naraco s 1702113002 ,,oke pak

    ReplyDelete
  46. Divendo caesar 1702113001
    Siap pak

    ReplyDelete